Pembenaran Moral

Di dunia ini, hampir semua pilihan atau tindakan selalu didasarkan pada pembenaran moral. Sumbernya bisa dari yang tidak berwujud misalnya ketuhanan, ideologi dan sebagainya, maupun yang kasat mata, berupa benda, misalnya kitab suci atau buku fiksi dan non-fiksi karya para pemikir sepanjang sejarah peradaban.

Ya, pembenaran moral bukanlah barang baru dan asing. Dalam pemikiran filsafat, tentu alasan moral di balik suatu pilihan atau tindakan sudah lama menjadi titik sentral perdebatan. Sekarang juga masih berlangsung baik di level praktis dan wacana publik. Dalam bidang hukum misalnya kita mengenal positifisme atau hukum positif versus pluralisme hukum. Dalam kebijakan publik kita akrab dengan jargon utamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.

Lalu bagaimana kita bisa klaim bahwa sebuah pilihan atau tindakan baik atau buruk secara moral. Bagaimana pula jika sebuah keputusan membawa kebaikan kepada sebagian orang, akan tetapi sekaligus penderitaan bagi yang lain. Analogi kereta lazim dipakai sebagai alat bantu dalam diskursus terutama di bidang hukum dan kebijakan publik. Katakanlah anda adalah seorang masisnis kereta api yang sedang melaju super cepat, 300 km per jam. Tragis, dengan rem yang tidak berfungsi, anda hanya memiliki dua pilihan, antara anda tetap mengarahkan setir di jalur sebelah kiri atau banting setir ke kanan. Di jalur kiri, ada 5 orang, sementara di kanan hanya satu orang saja. Asyik bekerja, mereka semua tidak menyadari kematian sedang menghampiri sebagai konsekuensi dari keputusan anda.

Saya meminjam analogi sekedar pengantar untuk seri tulisan tentang moral hendak menyusul berikutnya. Persoalan mana yang benar atau salah tidaklah terlalu perlu dibahas serius. Atau kalaupun menjawab, cukup dalam hati saja. Lagipula perdebatan klasik itu akan memunculkan beragam argumentasi. Mustahil mengharapkan jawaban mutlak tanpa tanding. So, lebih baik fokus kepada bedah logika pemikirannya saja tentang Logika Utilitarianisme.

One thought on “Pembenaran Moral

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.